Tuesday, November 5, 2013

5 Generasi Google Nexus dari Masa ke Masa


5 Generasi Google Nexus dari Masa ke Masa

Jakarta : Meski kerap dikenal sebagai perusahaan mesin pencarian di internet, namun langkah bisnis Google tidak berhenti sampai disitu. Google mulai melirik bisnis perangkat mobile dengan sistem operasi open source yang dikembangkannya. 

Sadar jika perusahaan asal Mountain View, California ini minim pengalaman dalam merilis perangkat pintar, sejumlah produsen diajak bekerjasama untuk mengembangkan proyek yang dilabeli Nexus. Sejak pertama kali dirilis hingga saat ini Google telah berhasil menelurkan lima unit smartphone seri Nexus yang dikembangkan dengan beberapa produsen gadget dunia. 

Menariknya, meski sebagai perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat namun Google tidak langsung memilih produsen yang juga berasal dari 'kampung halaman' yang sama. Lalu siapa saja mitra dan seri Nexus yang telah dirilis Google? 

5 Generasi Google Nexus dari Masa ke Masa1. Google Nexus One 

HTC merupakan perusahaan pertama yang dipercaya Google untuk memproduk smartphone yang mengusung nama Google Nexus One. Ponsel pintar pertama berbasis Android Eclair dan bisa diupdate hingga seri Gingerbread ini mulai dipasarkan secara online mulai 5 Januari 2010 untuk kawasan Amerika Serikat. 

Meskipun sebagai proyek pertama, namun spesifikasi yang disematkan terhitung mumpuni untuk ponsel yang dirilis pada periode 3 tahun lalu. Ponsel dengan layar 3,7 inci dengan teknologi AMOLED resolusi 480x800 piksel dengan prosesor single core 1 GHz Qualcomm Snapdragon dengan RAM 512 RAM. 

Sayangnya baik Google maupun HTC nampak belum percaya diri sehingga hanya merilis smartphone unggulan ini di beberapa negara saja. Negara tersebut antara lain Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Singapura, Jerman, Italia, Korea Selatan, dan Singapura. 

5 Generasi Google Nexus dari Masa ke Masa

2. Nexus S

Pada proyek keduanya Google kembali menggandeng salah satu perusahaan asal Asia lainnya. Setelah merilis beberapa unit smartphone dan tablet berbasis Android, Google pun mempercayakan Samsung untuk mengembangkan Nexus S. Sebagai smartphone Nexus kedua, Nexus S pun menjadi ponsel pintar pertama yang mencicipi manisnya Android Gingerbread. 

Meski begitu Google memberikan jatah pembaruan bagi Nexus S dan berakhir di versi 4.1.2 Jelly Bean. Ponsel pintar yang didesain dengan layar melengkung berukuran 4 inci dibekali spesifikasi yang terhitung mumpuni. Mulai dari kehadiran chipset Hummingbird 1 GHz dengan RAM 512 MB dan memori internal 16 GB tanpa kehadiran slot micro SD. 

5 Generasi Google Nexus dari Masa ke Masa

3. Samsung Galaxy Nexus

Berbeda dengan dua ponsel sebelumnya yang menyertakan nama Google, kali ini penggunaan nama Galaxy dipilih yang identik dengan smartphone dan tablet besutan Samsung. 

Saat pertama kali rilis, Galaxy Nexus telah disematkan Android 4.0 Ice Cream Sandwich dan mendapat 'jatah' pembaruan hingga versi 4.3 Jelly Bean. Generasi ketiga Nexus ini kembali menggunakan desain layar melengkung berukuran 4,65 inci yang diklaim lebih seksi dari Nexus S. 

Layaknya dua seri Nexus sebelumnya, Galaxy Nexus pun tidak menyediakan slot memori eksternal. Google mulai meningkatkan kemampuan RAM dan prosesor untuk menunjang kinerja smartphone besutannya. Ponsel ini menjadi seri Nexus pertama yang didukung proseso dual-core 1,2 GHz dengan RAM 1 GB dan memori internal 16 GB. 

5 Generasi Google Nexus dari Masa ke Masa

4. Google Nexus 4 

Google kembali berpaling dan memilih perusahaan asal Asia lainnya dalam mengembangkan smartphone seri Nexus. Kali ini pesaing senegara Samsung dipinang Google untuk mengembangkan Nexus 4. 

Fitur foto 180 derajat dan 360 derajat merupakan salah satu keunggulan Nexus 4 dibandingkan seri-seri sebelumnya. Untuk pertama kalinya Google memberikan pilihan varian 8 GB atau 16 GB dengan RAM 2 GB dan prosesor quad-core 1,5 GHz. 

Nexus 4 merupakan ponsel pertama yang menggunakan Android 4.2 Jelly Bean dan bisa diperbaharui hingga versi teranyar 4.4 KitKat. 

5 Generasi Google Nexus dari Masa ke Masa

5. Google Nexus 5

Nexus 5 merupakan smartphone yang baru saja dirilis Google jelang akhir tahun 2013. Setelah melalui beragam drama bocoran akhirnya Google kembali menunjuk LG dan menghadirkan sejumlah keunggulan. 

Google Nexus 5 sempat menampakkan diri pertama kalinya pada perkenalan Android 4.4 KitKat. Saat itu salah satu karyawan Google sempat memotret patung KitKat menggunakan ponsel yang diprediksi sebagai Nexus 5. 

Smartphone generasi kelima Nexus ini telah dibekali sensor kamera 8 megapiksel dengan fitur Optical Image Stabilization (OIP) dan kamera depan 1,3MP. Hingga saat ini pre order Nexus 5 diketahui telah laris di Google Play Store. (vin/dew)

Sumber : liputan6.com

No comments:

Post a Comment