Sunday, July 28, 2013

5 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia

ilustrasi sepak bola. ©2012 Merdeka.com
Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang digandrungi masyarakat dunia. Tingginya animo masyarakat akan olahraga ini membuat industri sepakbola tak pernah berhenti berputar mencetak keuntungan.

Tak heran jika klub sepak bola di seluruh dunia menjadi incaran para pengusaha untuk menjadi lokasi investasi dalam menambah kekayaannya.

Taipan asal Meksiko, Carlos Slim, saat ini menduduki peringkat teratas sebagai pemilik klub sepak bola terkaya di dunia. Slim membeli 30 persen saham Grupo Pachuca, perusahaan yang memiliki klub sepak bola liga Meksiko yakni Pachuca dan Leon.

Berdasarkan data Wealth-X, kekayaan bersih Slim mencapai USD 70 miliar atau sekitar Rp 718,5 triliun. Angka ini yang menjadikan Slim pemilik terkaya sebuah klub sepak bola di dunia mengalahkan nama tenar seperti Roman Abramovich pemilik Chelsea atau Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan pemilik Manchester City.

Berikut merdeka.com mencoba merangkum 5 taipan pemilik klub sepak bola teratas dalam daftar Wealth X per Juli 2013. Siapa saja mereka?

1. Carlos Slim


Carlos Slim
Miliader Meksiko ini tercatat memiliki kekayaan sebesar USD 70 miliar atau Rp 718 triliun pada Juli 2013 ini. Dia merupakan pemilik klub sepak bola Pachuca dan Leon asal Meksiko. Dia adalah pemimpin utama dan CEO perusahaan telekomunikasi Telfonos de Mxico dan Amrica Mvil.

Carlos Slim memulai usahanya pada usia 12 tahun. Saat itu dia membeli saham satu bank di Meksiko. Dari transaksi itu, Slim merintis kerajaan bisnis yang dia idam-idamkan. Impian bocah asal Meksiko blasteran Lebanon itu terwujud. Kini, dia resmi menjadi pria terkaya dunia versi 2013.

2. Amancio Ortega


Amancio Ortega
Pria yang lahir di Busdongo de Arbs, Len, Spanyol ini merupakan pemilik klub sepak bola Deportivo La Coruna asal Spanyol. Dia mampu menduduki urutan nomor kedua dengan nilai kekayaan bersih sebesar USD 51 miliar atau Rp 523,5 triliun di 2013.

Amancio ialah seorang eksekutif mode asal Spanyol dan ketua sekaligus pendiri grup mode Inditex, yang terkenal karena mewadahi pertokoan ritel pakaian dan aksesoris Zara. Sayangnya apa yang dilakukan tim sepak bolanya tidak sejalan dengan kesuksesan perusahaan ritelnya. Tim tercintanya kini berada di posisi paling bawah La Liga.

3. Alisher Usmanov


Alisher Usmanov
Salah satu orang terkaya di Rusia ini mampu mengantongi kekayaan di 2013 sebesar USD 20 miliar atau sekitar Rp 205,3 triliun. Pemilik klub sepak bola asal Inggris, Arsenal, ini juga memiliki bisnis lainnya seperti besi baja.

Tahun lalu, dia menjual sebagian sahamnya di Facebook saat penawaran umum saham perdana atau IPO, sehingga menambah pundi-pundinya USD 1,3 miliar. Usmanov dan miliuner Farhad Moshiri yang memiliki kekayaan USD 2,8 miliar, sama-sama memiliki saham di Arsenal.

Namun pemegang saham terbesar Arsenal tetap milik miliuner Amerika Stanley Kroenke, dengan total kekayaannya hanya sekitar USD 5 miliar.

4. George Soros


George Soros
Pria keturunan etnis Yahudi yang juga merupakan investor untuk klub asal Inggris, Manchester United, ini memiliki kekayaan bersih sebanyak USD 19 miliar atau sekitar Rp 195 triliun.

George Soros, terkenal dengan spekulasinya di jual-beli mata uang dunia. Sekarang, dia bertaruh dengan berinvestasi di klub terbesar di Inggris, Manchester United. Pada Agustus 2012, Soros mengungkapkan kepemilikannya sebesar 7,85 persen saham di klub MU, melalui perusahaan investasinya, Soros Fund Management.

Namun, pemegang saham paling banyak tetap Malcolm Glazer si pemilik resmi klub. Malcolm mengambil alih MU tahun lalu dengan memiliki sekitar 90 persen lebih saham dengan mengeluarkan USD 100 juta tunai.

Saham MU melonjak dalam 6 bulan sebesar 33 persen. Dan MU menjadi tim olahraga pertama yang nilainya melebihi Rp 30 triliun pada Januari 2013.

5. Paul Allen


Paul Allen
Pria yang merupakan pendiri Microsoft bersama dengan Bill Gates ini memiliki kekayaan sebesar USD 15 miliar atau sekitar Rp 153 triliun. Pemilik klub sepak bola asal Amerika Serikat, Seattle Sounders, ini berhasil menduduki posisi kelima menjadi orang terkaya pemilik klub sepak bola di dunia tahun 2013.

Allen juga memiliki klub olahraga lainnya, seperti Seattle Seahawks (football) dan Portland Trailblazers (basketball).

Sumber : merdeka.com

No comments:

Post a Comment