Saturday, January 5, 2013

5 Cara Mempromosikan Website Secara Offline yang Efisien


Apakah anda mengenyampingkan metode promosi offline? Jika iya, tolong renungkan sejenak dan ikuti terus tulisan ini.  Mungkin benar bahwa bisnis anda dikelola secara online. Tetapi ketika user menemukan situs Anda dan membeli produk yang anda tawarkan ternyata masih dibutuhkan pekerjaan offline juga.

Pernahkah anda mencoba untuk menjangkau mereka ketika mereka tidak terhubung ke internet? Mungkin hal ini tak pernah terpikirkan. Bahkan oleh kebanyakan webmaster metode promosi ini dianggap blind spot.

Sekilas taktik pemasaran offline mungkin tidak mengarahkan lalu lintas sebanyak kampanye pemasaran online, tetapi mereka akan terbukti menjadi cara yang sangat efektif untuk membangun kredibilitas. 

URL atau alamat situs web jelas menjadi kunci di sini. Semakin banyak melakukan eksposur dengan URL Anda akan menerima lebih banyak lalu lintas kunjungan ke website Anda.

Berikut 5 cara promosi Offline yang terbukti efektif untuk meningkatkan kunjungan ke website anda.

1.  Menggunakan Kartu Nama

Hal ini dianggap lumrah ketika menempatkan tanda tangan Anda ketika posting di forum dan orang yang tidak melakukannya dipandang sebagai orang yang kehilangan sebagian lalu lintasnya sehari-hari. 

Jadi, hal ini dapat dianggap sebagai suatu kejutan, bilamana begitu banyak dari kita menghindar untuk menempatkan url bisnis pada kartu namanya. Tentunya hal ini merupakan suatu kekeliruan.  Karena kartu nama akan bertahan lebih lama daripada thread forum di search engine dan berkaitan dengan bisnis potensial  setiap kali diperlukan. 

Memiliki kartu nama adalah cara yang baik untuk memperkenalkan diri anda.  Terhadap orang yang anda temui dalam kehidupan sehari-hari, terutama tentang aktivitas blogging Anda. 

Kartu nama juga sangat murah untuk dibeli karena hanya membutuhkan biaya kurang dari 1 persen per kartu.

Mengingat pentingnya kartu nama yang memuat data diri anda, ditambah dengan data bisnis anda.  Maka tak ada salahnya bilamana alamat website anda ikut dimasukkan ke dalam kartu nama tersebut.  Bukankah ini termasuk sarana promosi yang murah meriah.

2. Menggunakan Koran dan Majalah

Ini adalah sumber yang sangat baik bagi promosi iklan karena begitu banyak orang menggunakannya. Tentu saja memerlukan biaya yang cukup mahal untuk menjalankan iklan pada koran dan majalah.  Apalagi, bila halaman berwarna di koran-koran nasional dan majalah-majalah nasional, tetapi Anda bisa memulai dari yang kecil. Sebagai langkah awal, Anda bisa coba menjalankan sebuah iklan kecil pada koran lokal di kota Anda. 

Apabila lalu lintas dan bisnis Anda tumbuh, Anda dapat melanjutkan ke media nasional yang lebih besar. 

Hal ini juga, untuk menilai dan mencari tahu berapa biaya yang diperlukan saat terlibat dalam mempublikasi iklan. Sehingga dapat dilakukan dengan gigih  ke arah produk tertentu atau jasa yang ditawarkan. 

Dengan cara ini anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk mencapai target audiens anda. Ingatlah, bahwa orang tidak bisa melakukan copy dan paste dari koran ke address bar browser mereka! 

Gunakan alamat url yang sederhana dan dapat dibaca setiap orang.

3.  Menggunkan Produk Promosi

Memberikan barang-barang seperti pena, cangkir kopi, gantungan kunci, tatakan gelas, kalender, dan lain      lain.harus memiliki logo perusahaan dan alamat web anda.  Selain membangun merek ini juga bekerja sebagai dailyreminder bagi pengguna barang-barang.

4.  Mengadakan Pertemuan Terbuka

Jika Anda memiliki basis pembaca lokal yang besar atau tinggal di kota metropolitan yang besar. Tentunya hal yang satu ini patut dicoba.  

Mengadakan pertemuan resmi untuk pembaca dan orang-orang yang tertarik pada niche anda adalah salah satu alternatif. Tidak harus sesuatu yang berlebihan dari biasanya, hanya berkumpul untuk membahas hasil tulisan atau produk serta jasa yang anda tawarkan.

Ini adalah cara yang baik untuk memperkuat ikatan komunitas anda dan upaya untuk menemukan pembaca lokal baru. 

Anda dapat memilih untuk mengadakan pertemuan-pertemuan di rumah anda atau di lokasi yang bernuansa asri dan nyaman seperti restoran, coffee shop, atau bahkan taman.

5. Menggunakan Kendaraan 

Mungkin anda pernah melihat nomor telepon dan nama perusahaan terpampang pada mobil van, truk, bus dan minibus.  Tak lain upaya ini dilakukan untuk memperkenalkan produk dan jasa dari perusahaan tersebut. 

Bila alamat website anda dapat ditambahkan ke setiap bagian dari kendaraan anda atau orang lain dengan menggunakan stiker.  Tentunya hal ini, dapat menghadapkan URL atau website  anda ke ribuan orang setiap hari. Baik itu pengemudi yang berangkat dan pulang kerja, para penumpang yang berangkat dan pulang kerja, mereka yang sekedar jalan-jalan dan berbelanja di mall dan toko-toko. Bahkan pejalan kaki pun yang berlalu lalang akan melihatnya.

Pastikan anda telah mendesainnya secara profesional sehingga dapat menarik perhatian. Jika rancangannya terlihat buruk, mungkin saja akan berakibat buruk pada usaha anda.

2 comments:

  1. mantap tipsnya nih..perlu diikuti...maen-maen ke blog ane gan....http://meningkatkan-usaha.blogspot.com/2013/10/membuat-blog-gratis-meningkatkan-usaha.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks sdh singgah di blogku ntar deh aku berkunjung ke blogx

      Delete