Tuesday, March 12, 2013

7 Cara Unik Mendnginkan Komputer / PC

Komputer atau Personal Computer (PC) merupakan salah satu perangkat yang tidak bisa dilepas pisahkan dari kehidupan manusia dewasa ini.  Sehingga komputer merupakan bagian dari kehidupan manusia itu sendiri.

Awal mulanya komputer atau PC merupakan seperangkat alat yang sangat berat yang tak dapat dibawa kemana-mana.  Namun seiring perkembangan komputer dibuat dalam berbagai versi mulai dari portable yang kita kenal dengan PC, Laptop, Notebook, Tablet, IIpad, Iphone  dan bahkan HP sudah menggunakan teknologi komputer.


Namun tahukah kamu komputer atau PC juga mengeluarkan salah satu sumber panas.  Hal ini karena tingkat  konsumtif daya listrik yang cukup besar.  Makanya untuk menetralisir hawa panas pada komputer / PC termasuk laptop dan notebook biasanya disertakan kipas pada perangkat ini.  Bahkan untuk pembelian laptop dan notebook biasanya disertakan cooling pad yang tujuannya sebagai pendingin.

Berikut 7 alat unik yang dapat digunakan untuk mendinginkan komputer atau PC.  Hal ini boleh dicoba saat kipas dalam perangkat komputer / PC tidak lagi berfungsi atau sekedar mencari alternatif lain.

1.Turbocharger


Alat pertama yang digunakan untuk mendinginkan PC adalah turbin T25 dari Mitsubishi Eclipse 1990. Alat ini mampu berputar 3,500rpm sehingga menghasilkan tiupan udara yang dingin.

2.Oli Mineral


Jika Anda menginginkan pendinginan maksimal pada PC Anda maka sebaiknya menggunakan oli mineral. Meski PC Anda akan berubah menjadi seperti akuarium tapi cairan ini sangat bagus untuk menyerap panas tanpa harus membuang panas ke sekitar. Dengan cairan ini, PC yang digunakan sekitar 2 jam maksimal berapa pada suhu 84ºC.

3.Kipas angin

Jika kipas pendingin di PC Anda gagal melakukan tugasnya, maka siapkan kipas angin yang lebih besar. Buka PC Anda lalu arahkan kipas angin berdiri pada PC, tapi hari-hati dengan cairan atau minuman di dekat komputer Anda jika tidak ingin terjadi arus pendek.

4. Es batu:


Jika lawan panas adalah dingin, maka Anda bisa menggunakan es batu untuk mendinginkan PC. Cara pendinginan yang satu ini mungkin sangat berbahaya, apalagi kalau es meleleh. Tapi Anda bisa juga mencoba memasukkan PC ke dalam kulkas.

5.Kipas PVC


Masih kipas juga Anda bisa merancang sebuah rumah PC dari pipa PVC dan melengkapinya dengan kipas besar. Tapi untuk merangkainya Anda harus teliti sebab bisa menimbulkan suara yang berisik.

6. Air Conditioner/AC


AC ini dinamakan Water Chiller. PC pada gambar ini adalah punya Mike Valnest. Jelas sekali bahwa PC ini digunakan untuk pekerjaan luar biasa, seperti menonton video 1080p YouTube secara terus menerus. Pada suhu -5ºC PC dapat berjalan dengan baik, tapi jika suhu diturunkan hingga -20ºC pastilah PC Anda akan menjadi balok es.

7. Puluhan kipas



Sama seperti kipas pendingin yang ada di dalam PC, hanya saja untuk kasus penggunaan berat Anda perlu menambah jumlah kipas sampai memenuhi PC. Yang Anda perlukan hanyalah membeli 66 kipas PC untuk membungkus PC Anda dan menyambungkannya dengan arus listrik. 

Anda mau mencoba salah satunya atau Anda punya cara yang lebih baik?

No comments:

Post a Comment